Meningkatkan Nilai Jual melalui Desain Kemasan Produk

CIS Cilacap, -- Salah satu upaya meningkatkan kualitas produk UKM yakni dengan memberikan suatu edukasi terkait kemasan yang sesuai dengan produk yang dibuatnya. Karenanya, PLUT Cilacap menyelenggarakan Kegiatan Bimbingan Teknis Peningkatan Kualitas Produk UKM melalui Pengembangan Desain Kemasan.

Kegiatan bimbingan tersebut diadakan pada Hari Kamis 22 Februari 2018. Bertempat di Gedung PLUT Cilacap, JL. Dr. Sutomo No. 3 Cilacap. Yang diikuti oleh 20 peserta dari pelaku usaha mikro dan kecil di Cilacap. Produknya berupa makanan kering / camilan.

Dalam materi yang disampaikan, Anisha Dian Iswahyuni, M.Sc Konsultan Bidang Produksi selaku narasumber pertama. Menyampaikan penjelasan tentang apa fungsi, manfaat dan standar kemasan bagi produk makanan UKM.  Macam-macam bentuk kemasan yang bisa dimanfaatkan oleh UKM untuk melindungi dan menjaga kualitas produk yang dihasilkan. Terutama produk makanan kering, agar bisa awet/ bertahan lama dalam penyimpanannya.

Tri Wahyu Sungkowo, S.Kom dari CV. Bimasakti Jaya, selaku narasumber kedua menyampaikan tentang desain kemasan. Kemasan bukan sekedar pembungkus saja, namun bisa untuk menaikkan nilai jual. Karenanya kemasan perlu dipercantik, dengan membuat desain yang unik dan menarik. Kemasan yang biasa dipakai oleh para pelaku usaha yakni kemasan dari kertas karton dan plastik. Untuk kemasan berbahan kertas/ karton bisa langsung membuat desain yang unik dan eyecatching. Sementara kemasan plastik, bisa dengan membubuhkan label kemasan berupa sablon atau stiker merk dagang, tentu yang sudah didesain cantik. Jangan lupa menggunakan foto produk makanan/ camilan asli yang menarik.

Harapannya, peserta harus mau menerapkan kemasan yang sesuai dengan standar kemasan makana. Serta, membuat kemasan produk yang lebih menarik sehingga bisa menaikkan nilai jual produk yang sudah dibuat.[fz]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *