Usaha Mikro dan Kecil Harus Punya Branding

Pelaku usaha mikro dan kecil juga perlu membranding diri dan produknya. Sehingga akan mudah dikenal, karena branding sendiri adalah identitas. Atau bisa diistilahkan dengan citra. Kesan yang dibangun untuk dikenal sebagai apa dan siapa.

CIS Cilacap, -- Cara untuk meningkatkan promosi dan pemasaran produk, adalah dengan memperkenalkan produk dan pelaku usaha dengan citra yang populer dan mudah diingat. Dalam upaya memberi arahan dan pemahaman tentang brand. PLUT Cilacap menyelenggarakan Kegiatan Bimbingan Teknis peningkatan kualitas produk dengan membuat brand yang kuat.

Kegiatan yang diselenggarakan pada Hari Kamis 22 Februari 2018. Dibuka oleh Sri Yani Anggraeni, SE Kepala Bidang Pemberdayaan dan Pengembangan Koperasi dan Usaha Mikro Dinas Perdagangan Koperasi Usaha Kecil dan Menengah (DPKUKM)  Kabupaten Cilacap. Bertempat di Gedung PLUT Cilacap, JL. Dr. Soetomo No. 3 Cilacap. Diikuti oleh 20 peserta dari pelaku UKM Cilacap. Beberapa diantaranya sudah memiliki merk dagang sendiri.

Nara sumber pertama yaitu, Azka Donan Elmursyidy, S.Sos, Konsultan Bidang Pemasaran PLUT Cilacap. Menyampaikan bahwa sebelum berbicara branding, pertama kita memerlukan tools apa saja untuk membangun brand.

Nama dan Logo merupakan identitas perusahaan yang kita jalankan. Label pada kemasan juga menjadi bagian penyokong brand produk. Karenanya, kita harus benar-benar merumuskan dengan serius tools brand usaha kita. Selanjutnya dikenalkan bermacam logo dan merk dari produk terkenal dan populer.

Narasumber kedua, Romi Angger dari Jagoan Branding. Dari pengalamannya, sudah mendirikan beberapa usaha yang lumayan branded. Peserta diminta untuk mengisi form penilaian. Untuk mengukur seberapa jauh tingkat popularitas usaha maupun produk yang selama ini dihasilkan maupun dijual. Selanjutnya, membuat langkah-langkah/ strategi untuk meningkatkan branding merk usaha. Cara bagaimana mempopulerkan identitas, logo dan merk usaha dari UKM.

Sudah bukan jamannya lagi usaha mikro dan kecil, produknya tidak dikenal banyak orang. Saatnya membranding diri dan produknya. Logo menjadi hal penting dalam membangun brand. Juga perlu kalimat tagline khusus, menegaskan siapa dan apa. Begitulah UKM jaman Now![fz]

5 thoughts on “Usaha Mikro dan Kecil Harus Punya Branding

  • August 27, 2018 at 11:48 am
    Permalink

    Branding Meliputi banyak Media. Bisa menggunakan Media Yang banyak Dikenal Supaya Brand Kita lebih Di Kenal Khususnya untuk Para UKM Yang Baru Memulai di dunia Usaha

    Reply
  • August 31, 2018 at 10:10 am
    Permalink

    Adapun, yang dimaksud usaha mikro adalah perusahaan yang memiliki omzet maksimal Rp 300 juta dan aset maksimal Rp 50 juta setahun. Usaha kecil memiliki omzet antara Rp 300 juta-2,5 miliar dan aset antara Rp 50-500 juta. Usaha menengah omsetnya Rp 2,5-50 miliar dengan aset Rp 500 juta-10 miliar.

    Reply
  • September 17, 2018 at 10:22 am
    Permalink

    Mantap Informasi Terbaru Untuk generasi baru

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *