KEGIATAN SOSIALISASI EWS, SKEMA SOP RESTRUKTURISASI USAHA BAGI KUMKM DI PROV. BENGKULU

Bengkulu, 14 Februari 2018. ASDEP Pemetaan Kondisi dan Peluang Usaha Deputi Bidang Restrukturisasi Usaha Kementerian Koperasi dan UKM RI melaksanakan “Sosialisasi Early Warning System (EWS), Skema Standar Operasional Prosedur (SOP) Restrukturisasi Usaha Bagi KUMKM” di Grage Hotel Provinsi Bengkulu.

ASDEP Pemetaan Kondisi dan Peluang Usaha Bapak Wardoyo, S. Sos, MM selaku panitia pelaksana menyampaikan bahwa kegiatan ini dilaksanakan oleh Deputi Restrukturisasi Usaha Kemenkop dan UKM RI dan Dinas Koperasi dan UKM Prov. Bengkulu, yang diikuti 40 pelaku UKM, 40 pelaku Koperasi, asosiasi pelaku usaha, Konsultan PLUT-KUMKM, Pendamping PPKL, Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten/Kota, dan Dinas Koperasi dan UKM Prov. Bengkulu. Mensosialisasikan EWS, Skema SOP Restrukturisasi Usaha, diharapkan pelaku koperasi dan pelaku UKM mendapatkan manfaat untuk perkembangan kedepan.

Kata Sambutan Kepala Dinas Koperasi dan UKM Prov. Bengkulu Bapak H. Muslih. Z, SH, M. Si menyampaikan bahwa dari data pelaku koperasi dan UKM yang aktif sangat sedikit, dengan kehadiran Deputi Restrukturisasi Usaha Kemenkop dan UKM RI sebagai strategis pemecahan masalah diatas, kondisi yang dihadapi para pendamping masih terbatas, biaya operasional pendamping juga terbatas, harapan adanya peran aktif dari pelaku-pelaku usaha skala besar yang berperan sebagai bapak angkat (misal Perkebunan, Pertanian) untuk meningkatkan pertumbuhan koperasi dan UKM.

Deputi Bidang Restrukturisasi Usaha Kemenkop dan UKM RI Bapak Ir. Abdul Kadir Damanik, MM menyampaikan bahwa peran pendamping sangat penting, tahun 2013 PLUT adalah sebagai bentuk antisipasi perubahan pola pemerintahan Otonomi Daerah agar pembinaan koperasi dan UKM dapat berkelanjutan, model PLUT ada tingkat Provinsi dan Kabupaten/Kota, dan agar para pendamping dapat bersinergi. Pembangunan gedung PLUT Pemerintah masih terbatas, model PLUT Mandiri di tahun 2018 sebanyak 5 lokasi, para pendamping diharapkan untuk mengikuti standar kompentensi SKKNI untuk meningkatkan kompetensi. Sharing pelaku koperasi dan pelaku UKM sistem aplikasi Early Warning System (EWS), Skema Standar Operasional Prosedur (SOP) Restrukturisasi Usaha bagi KUMKM agar bisa bermanfaat bagi pelaku koperasi dan UKM di wilayah Prov. Bengkulu, dan secara resmi dibuka oleh Bapak Deputi Restrukturisasi Usaha.

Pelaksanaan kegiatan ini diharapakan terbagunnya peran kerjasama antara para Pendamping KUMKM Provinsi Bengkulu yang dapat menciptakan KUMKM yang produktif, dan berdaya saing tinggi, sehingga KUMKM ini dapat menjadi penggerak perekonomian daerah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *