Micro Business Simulation #7

CIS Cilacap bekerjasama dengan Bank Jateng kembali menggelar Pelatihan Micro Business Simulation. Pelatihan diselenggarakan pada hari Rabu-Kamis tanggal 24-25 Januari 2018. Bertempat di gedung PLUT Cilacap, JL. Dr. Soetomo No. 3 Cilacap. Sebanyak 12 peserta mengikuti pelatihan tersebut. Peserta merupakan para pelaku usaha mikro kecil yang tergabung dalam klaster olahan ikan.

Olahan ikan adalah salah satu produk unggulan Kabupaten Cilacap. Sebagai ciri khas dari Kabupaten Cilacap yang bertopografi pantai dan laut. UKM dalam klaster olahan ikanĀ  sudah menjadi binaan Pemerintah Kabupaten Cilacap, baik melalui Dinas Perdagangan, Koperasi dan UKM (DPKUKM), PLUT Cilacap dan Dinas Kelautan dan Perikanan.

Pada hari pertama, peserta sudah dibagi menjadi 3 kelompok. Pada kesempatan tersebut, Anisha Dian Iswahyuni, M.Sc, selaku Konsultan Bidang Produksi, memberikan wawasan materi terkait kemasan makanan khususnya bagi hasil olahan ikan. Beberapa UKM di Cilacap yang berproduk olahan ikan, terutama makanan kering belum memenuhi standar kemasan. Karenanya perlu selalu mendapat bimbingan secara teknis terkait kemasan.

Selanjutnya dari pihak Bank Jateng, peserta diajarkan untuk membuat perencanaan usaha (business plan) dalam pengembangan usaha. Peserta juga diberikan materi tentang studi kelayakan usaha. Selain menganalisa usaha yang sudah dijalankan agar benar layak, juga usaha menjadi bankable. Bila kemudian mengakses pembiayaan penambahan modal kepada perbankan, khususnya permodalan kepada Bank Jateng.

Pada hari kedua, peserta mempresentasikan simulasi hasil studi kelayakan usaha. Termasuk simulasi perencanaan pengembangan usahanya. Terutama (bila) setelah mendapatkan tambahan modal dari Bank Jateng Cabang Cilacap.

Peserta dibimbing dalam pengelolaan keuangan usaha. Sekaligus praktek pembukuan akuntansi. Mencatat beragam transaksi usaha. Kemudian memposting ke beberapa akun sesuai standar akuntansi.

Dengan adanya pelatihan tersebut, diharapkan pelaku UMKM bisa menerapkan ilmu yang didapat dalam menjalankan dan mengembangkan usahanya. Terutama permasalahan pengelolaan keuangan usaha, sehingga usaha yang dijalankan dinilai feasible dan bankable. Hingga kemudian menjadi berdaya dan naik kelas.[fz]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *