PELATIHAN STRATEGI MARKETING DAN SOSIALISASI PROGRAM BPJS KETENAGAKERJAAN BAGI PELAKU USAHA MIKRO DAN KECIL DI KABUPATEN KAMPAR

Bangkinang, 21 Desember 2017

Tempat di aula stanum Bangkinang ( Objek wisata kabupaten kampar ) Jalan Jenderal Sudirman Kecamatan Bangkinang Kota Kabupaten kampar.

Acara dimulai dengan registrasi peserta dari jam 08.00 - 09.00, dan setelah itu acara dibuka oleh panitia penyelenggara dari BPJS ketenagakerjaan kantor cabang perintis kabupaten kampar di bawah naungan dari kantor cabang BPJS ketenagakerjaan Pekanbaru - Panam yang bekerjasama dengan CIS PLUT KUMKM Kabupaten Kampar dan di support oleh Dinas Perdagangan, Koperasi dan UMK Kabupaten Kampar.

Peserta Pelatihan berasal dari pelaku usaha UMKM dari berbagai Kecamatan yang ada di Kabupaten Kampar seperti : Kecamatan Tambang, Tapung, Kuok, Bangkinang, XIII Koto Kampar.

jenis usaha nya meliputi : Kuliner aneka kue khas kampar, kerajinan tangan, olahan buah ( keripik nenas dan nangka ), Sorgum, madu, jambu madu, Hidroponik, salai ikan patin dan Bumdes. peserta pelatihan yang ikut berjumlah 50 UMKM.

Acara ini dihadiri oleh Kepala cabang BPJS Ketenagakerjaan Pekanbaru - Panam Bapak Wisnu Eko  Prihartono dan panitia acara kepala cabang BPJS Perintis Kabupaten Kampar Bapak Dodi Permana, Bapak Esra Nababan Kepala Bidang Pemasaran BPJS Ketenagakerjaan Kantor cabang Pekanbaru - Panam, dan dari Dinas Perdagangan, Koperasi dan UMK Kabupaten kampar diwakili oleh Sekretaris Bapak Purwadi, ST, M.Si. dan kepala bidang pemberdayaan usaha mikro kecil diwakili oleh Ibu Netti Dongoran, SE

Dari Konsultan PendaMping CIS PLUT KUMKM Kabupaten Kampar

Muhammad Mukhlis, S.Pd , Zuriadi, SE.  Andrei, ST   , Al Ikhsan, SHi dan Fuad Mustofa, SE

Dengan Narasumber dari Pembina Hallo UKM dan beliau juga sebagai pengurus dari Kadin Kota Pekanbaru dibidang ICT Bapak Bhori Evanda. Materi yang disampaikannya bagaimana pelaku usaha UMKM Kabupaten kampar bisa menambah pasar didunia maya secara online marketing, dari pasar lokal ke pasar global. Dari data yang kita ketahui ada 100 juta pengguna internet di Indonesia dan bisnis online sudah tumbuh 80% lebih cepat dari pada bisnis offline. sehingga 85% untuk mencapai informasi toko dan sekitarnya sudah menggunakan internet. Keuntungan teknologi digital bagi UMK adalah 85% penjualan akan meningkat, bisa bersaing dipasar global, inovatif, membuka lowongan kerja yang lebih heman dan praktis. Antusias peserta sangat luar biasa karena mendapatkan ilmu yang bermamfaat dan ilmu baru bagi pelaku UMKM Kabupaten Kampar dalam memasarkan produk secara online dengan google.

Dalam usaha ada resiko, resiko itu adalah segala kejadian yang mengakibatkan kerugian pada diri kita sendiri. pemerintah sudah mengantisipasi resiko ini dengan program BPJS Kesehatan dan BPJS Ketenagakerjaan. acara ini bentuk dari kepedulian kepadda pelaku UMKM serta mensosialisasikan program BPJS Ketenagakerjaan.

Didalam undang- undang no 24 tahun 2011, setiap orang wajib menggunakan BPJS. mamfaat ikut BPJS ini antara lain jaminan kecelakaan, jaminan hari tua, jaminan pensiunan, jaminan kematian maaf jika meninggal maka ahli waris akan mendapatkan santunan. Untuk pelaku UMKM mendapatkan jaminan kecelakaan dan kematian hanya membayar iuran sebesar Rp. 12.500,- per bulan.

Dengan adanya kegiatan ini Konsultan CIS PLUT KUMKM Kabupaten Kampar berharap terjalinnya kerjasama yang baik dengan BPJS Ketenagakerjaan kedepannya untuk agenda yang sama di depan yang berbeda dan memungkinkan diadakan digedung CIS PLUT KUMKM Kabupaten Kampar dijalan raya Pekanbaru - Bangkinag KM 27 di Desa Sungai Pinang Kecamatan Tambang. Karena menurut salah satu konsultan ( M. Mukhlis ) kegiatan ini sangat membantu untuk menaikkan kelas UMKM secara global dengan cara digital. dengan motto Go Digital Go Global.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *