Bursa Inovasi Desa Kabupaten Cilacap 2017

CIS Cilacap. Kemajuan dan kemandirian desa menjadi acuan suksesnya pembangunan daerah. Kabupaten Cilacap yang memiliki 24 kecamatan, dan terdiri dari 15 kelurahan dan 269 desa. Keseluruhannya mempunyai beragam potensi. Baik potensi penduduk/ sumberdaya manusia, sumberdaya alam dan ekonomi.

Pada Hari Selasa tanggal 19 Desember 2017, digelar Pembukaan Bursa Inovasi Desa Kabupaten Cilacap 2017. Kegiatan tersebut merupakan bagian Program Inovasi Desa Kementerian Desa, Pembangunan Daerah tertinggal dan Transmigrasi. Bertempat di Aula Grha Darussalam Masjid Agung Cilacap, JL. Jend. Sudirman No. 34 Cilacap. Menghadirkan hampir 500 pengelola desa/ kelurahan, baik lurah/ kepala desa; perangkat desa; anggota BPD, Kecamatan, serta dari dinas/ SKPD terkait.

Konsultan CIS memberi layanan konsultasi penumbuhan ide inovasi bagi desa

Kegiatan tersebut dibuka oleh Wakil Bupati Cilacap, Syamsul Aulia Rachman. Selain sebagai launching penerapan program inovasi desa, juga untuk menginspirasikan ide inovasi dalam pembangunan desa melalui beberapa bidang target. Diantaranya bidang Infrastruktur desa, bidang kewirausahaan, dan human capital melalui pendidikan dan kesehatan. Dengan pemanfaatan BUMDesa sebagai sarana vital inovasi bidang kewirausahaan.

Dalam acara tersebut, Konsultan CIS turut mengambil peran dalam pendampingan kewirausahaan desa. Pada tahap awal, yakni melayani konsultasi penumbuhan ide inovasi wirausaha sesuai potensi masing-masing desa. Hingga nanti berlanjut ketika perencanaan, pelaksanaan dan pengembangan ide inovasi wirausaha desa. Melalui sinergi dengan fasilitator/ pendamping desa, SKPD, Perguruan Tinggi, pelaku usaha, juga BUMDesa sebagai pelaksana riil di lapangan.

Program Inovasi Desa menjadi tantangan tersendiri. Desa dituntut agar bisa menggunakan dana desa secara kreatif dan inovatif. Melalui pendokumentasian dan penyebarluasan kegiatan inovasi, proses saling belajar dan bertukar pengetahuan/ inovasi. Dengan penumbuhan inovasi kewirausahaan, bisa saja memunculkan produk-produk unggulan desa. Sehingga pembangunan ekonomi masyarakat desa bisa lebih sejahtera, mandiri dan berdaya.

Peluang desa untuk berinovasi terbuka luas. Desa memiliki sumber dana yang besar. Peranan Fasilitator/ pendamping sangat penting dalam membangun masyarakat. Terutama dalam mendampingi pelaksanaan pemanfaatan dana desa dengan lebih bijak, kreatif dan inovatif.[fz]

4 thoughts on “Bursa Inovasi Desa Kabupaten Cilacap 2017

  • March 1, 2018 at 3:27 pm
    Permalink

    Kapan bursa inovasi ini dilakukan…???

    Reply
    • April 9, 2018 at 5:11 am
      Permalink

      kegiatan tersebut sudah dilaksanakan, silakan lihat tanggal

      Reply
    • April 9, 2018 at 5:13 am
      Permalink

      sudah.. tinggal follow-up saja pelaksanaan BUMDes di masing-masing desa

      Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *