IPEMI Salah Satu Komunitas Binaan CIS Cilacap

CIS Cilacap,-- Ikatan Pengusaha Muslimah Indonesia (IPEMI) Cabang Cilacap kembali mengadakan pertemuan anggota. Pada hari Senin, 27 November 2017 kegiatan tersebut kembali bertempat di Gedung PLUT Cilacap, JL. Dr. Soetomo No. 3  Cilacap.

IPEMI hanya salah satu diantara komunitas UMKM, yang sudah bersinergi dengan CIS Cilacap. Kebanyakan dari anggotanya, memiliki usaha di bidang kuliner dan fashion. Beberapa memproduksi sendiri, sedang lainnya perdagangan reseller.

Dalam kegiatan tersebut CIS memainkan peranan pendampingan dan pembinaan terhadap kelompok maupun komunitas UMKM. Adalah Konsultan CIS Bidang Kelembagaan yang lagi dan lagi memberikan sosialisasi terkait perijinan usaha IUMK (Ijin Usaha Mikro dan Kecil) yang wajib dimiliki oleh para pelaku usaha khususnya kategori usaha mikro dan kecil, dibuat adan diterbitkan oleh kecamatan masing-masing. Selain itu pula, disarankan agar setelah memiliki Surat IUMK segera membuat Kartu IUMK yang berupa kartu ATM dan rekening tabungan di Bank BRI.

Tentang ecommerce oleh Konsultan CIS

Selanjutnya, Konsultan Bidang Pemasaran memberikan informasi terkait fasilitas pemasaran yang bisa diakses oleh para pelaku UMK melalui CIS Cilacap. Diantaranya kerjasama pemasaran dengan pasar/ toko retail modern yang berada di wilayah Kabupaten Cilacap. Juga tentang portal/ website ecommerce yang bisa dimanfaatkan oleh para UMKM, seperti cilacapgallery.com, dan blanja.com. Dan yang terbaru yaitu Pasar Daerah Jawa Tengah melalui portal sadewamarket.cyberumkm.com.

Konsultan siap memberikan bimbingan maupun tutorial dalam pengoperasian website ecommerce tersebut. Dari pembuatan akun toko, upload produk, promosi, hingga menaikkan omset dengan transaksi online melalui sarana ecommerce yang di jalankan.

CIS Cilacap ingin memanfaatkan pembinaan komunitas untuk mengoptimalkan pemasaran produk UMKM secara online melalui sarana ecommerce tersebut yang sudah disediakan sebagai fasilitas. [fz]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *