UKM Cilacap Digenjot Pemasaran Online melalui Sadewa Market

CIS Cilacap--, Di era digital seperti sekarang ini, tentu teknologi informasi memiliki peran dalam pengembangan usaha bagi usaha kecil dan menengah (UKM). Khususnya dalam hal promosi dan pemasaran melalui media internet. Karenanya perlu mendapat dukungan dari berbagai pihak.

Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Jawa Tengah melalui CIS Cilacap memberikan pelatihan marketing online, dengan diadakannya Kegiatan Pengembangan Ruang Online Digital bagi UKM (marketing Online) di Kabupaten Cilacap. Acara tersebut diselenggarakan pada hari Selasa, 14 November 2017, bertempat di Gedung PLUT Cilacap. Dan diikuti oleh 30 peserta dari pelaku UKM di wilayah Kabupaten Cilacap.

Dalam kegiatan tersebut peserta diberikan pemahaman tentang pentingnya sarana teknologi internet guna meningkatkan daya saing dan jaringan pemasaran UKM. Promosi dan pemasaran yang memanfaatkan teknologi informasi dengan sarana marketplace online, yang secara khusu dibuat bagi UKM di Jawa Tengah. Yakni portal ecommerce sadewamarket.cyberumkm.com.

Peserta juga mendapatkan sosialisasi tentang penggunaan Sadewa Market dari UKM Center Jawa Tengah. Selanjutnya dipandu dalam pembuatan dan pengelolaan akun toko yang didampingi oleh para konsultan pendamping CIS Cilacap.

Sadewa Market sendiri merupakan portal ecommerce berbasis NIK (Nomor Induk Kependudukan), sehingga dikhususkan bagi pelaku usaha yang berasal dari masyarakat Jawa Tengah. Selain itu pula, secara khusus terhubung dengan Sistem Informasi Kredit Program (SIKP) dengan harapan pelaku UKM yang sudah berkontribusi sebagai pelapak di Sadewa Market pun bisa mengakses pembiayaan permodalan secara online, tentu bila telah memenuhi kriteria yang diberlakukan sesuai prosedur dalam Sadewa Market.[fz]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *