Pengembangan Ekosistem Jual-Beli Online Bagi UMKM Indonesia

Senin, 6 November 2017

Bertempat di Ruang Rapat Deputi Bidang Restrukturisasi Usaha Lantai 5 Rapat dipimpin oleh Deputi Bidang Restrukturisasi Usaha, dihadiri Asdep Pendampingan Usaha, Asdep Pemetaan Kondisi dan Peluang Usaha, Asdep Pengembangan dan Penguatan Usaha, Asdep Perlindungan Usaha, Asdep Pengembangan Investasi, perwakilan Sekretaris Deputi Bidang Produksi dan Pemasaran, para Kabid di Asdep Pendampingan Usaha dan Tim PT. Nurbaya Artha Pratama. Hal-hal penting dari Ra pat tersebut adalah sebagai berikut :

  1. Deputi Bidang Restrukturisasi Usaha membuka acara dengan memberikan sambutan pengantar dan memperkenalkan program PLUT-KUMKM, jumlah konsultan pendamping pada PLUT-KUMKM tingkat Provinsi dan tingkat Kabupaten/Kota. Dan mendukung/menerima pihak-pihak yang akan melakukan kerjasama untuk kemajuan PLUT-KUMKM.
  2. Nurbaya Artha Pratama dengan takeline perusahaan NURBAYA INITIATIVE Rumah Digital UKM Indonesia memperkenalkan aktivitas perusahaan dan memberikan keterangan keuntungan bergabung dengan Nurbaya antara lain :
  • Pengelolaan toko online gratis serta pemotretan gratis oleh Tim Nurbaya.
  • Pemasaran produk di marketplace oleh Tim Nurbaya.
  • Mendapatkan rangkaian promosi kreatif di marketplace.
  • Mendapatkan domain dan hosting gratis selama 1 tahun.

Perhitungan keuntungan yang diambil oleh PT. Nurbaya Artha Pratama adalah  20 % dari harga dasar yang diterima dari UKM pemilik barang, dari nilai 20% tersebut  10% untuk operasional PT. Nurbaya Artha Pratama termasuk biaya pemasaran/iklan dan 10% untuk biaya fasilitator.

  1. Pada tahun 2016 bekerjasama dengan PT. Pos Indonesia melalui aplikasi i-Kios memberikan pelatihan pengelolaan toko online kepada para UKM sebelum produknya dipasarkan secara online.

Tahun 2017 membuka kesempatan lebih banyak UKM untuk bergabung dengan memberikan 12 kategori produk UKM yang akan dipasarkan di Tokopedia, Belanja.com, Bli-Bli.com, muslimmarket dan Shopee. Dalam melakukan penjaringan produk UKM yang akan dipasarkan, petugas fasilitator PT. Nurbaya Artha Pratama melakukan kurasi produk dan seluruh proses online sampai dengan selesai. Para UKM yang produknya sudah masuk online ditugaskan untuk konsentrasi pada produk dan distribusi/pengiriman barang.

  1. Perwakilan Sekretaris Deputi Bidang Produksi dan Pemasaran menginformasikan program Kementerian Kominfo mentargetkan 8 Juta toko online di 15 lokasi Kabupaten/Kota dan melibatkan 10 marketplace. Pada saat ini sedang dalam tahap rekrutmen UKM pada 15 lokasi tersebut masing-masing 270 UKM per lokasi. Deputi Bidang Produksi dan Pemasaran menjadi salah satu bagian dari pelaksanaan program ini, dengan mempersiapkan UKM yang akan diundang Kementerian Kominfo.
  2. Terkait dengan program PLUT-KUMKM, PT. Nurbaya Artha Pratama dapat bersinergi dengan para konsultan pendamping PLUT-KUMKM dengan berkoordinasi dengan Dinas setempat. Peran konsultan pendamping PLUT-KUMKM dalam hal ini adalah sebagai fasilitator PT. Nurbaya Artha Pratama, yang sebelumnya akan diberikan pelatihan. PT. Nurbaya Artha Pratama berkesanggupan melakukan sosialisasi dan pelatihan di lokasi PLUT-KUMKM maupun pada acara kegiatan kedeputian.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *