Rakor UMKM dan BimTek Perijinan Usaha

CIS Cilacap--, Dalam rangka mendorong optimalisasi penerbitan legalitas usaha bagi usaha mikro dan kecil yakni dengan penerbitan Ijin Usaha Mikro Kecil. CIS Cilacap beserta Dinas Perdagangan, Koperasi dan UKM Kabupaten Cilacap menggelar Rapat Koordinasi UKM dan Bimbingan Teknis Penerbitan IUMK kepada petugas Paten penerbit perijinan kecamatan.

Acara tersebut diselenggarakan pada hari Senin, 30 Oktober 2017, bertempat di Gedung PLUT Cilacap. Dihadiri oleh 24 petugas kecamatan dan 11 dari perwakilan komunitas UMKM dan perwakilan sentra/ klaster produk unggulan.

Kegiatan dibuka oleh Drs. Farid Ma’ruf, MM., Sekretaris Daerah Pemerintah Kabupaten Cilacap. Dalam sambutannya, beliau menegaskan agar pelayanan pemberian ijin bagi usaha mikro dan kecil harus bisa dioptimalkan. Mengingat capaian penerbitan IUMK di Kabupaten Cilacap terhitung sangat kecil bila dibanding dengan jumlah pelaku usaha yang ada di seluruh wilayah Kabupaten Cilacap. Sehingga dengan nanti diberikannya bimbingan secara teknis, kecamatan harus siap menerbitkan IUMK, sebagai fasilitas pelayanan perijinan tanpa kendala apapun.

Dian Arinda Murni, SH. MM., selaku Kepala DPKUKM juga menambahkan bahwa selain sebagai legalitas usaha, IUMK juga menjadi syarat dalam pengajuan pembiayaan permodalan bagi pelaku usaha mikro dan kecil. Selain itu pula, dalam program-program pemberdayaan terhadap pelaku usaha, dari semua instansi pemerintah lebih mengutamakan kepada pelaku usaha yang telah memiliki ijin usaha, yakni IUMK.

Karenanya, dari perwakilan komunitas UMKM dan forum klaster/ sentra UMKM juga harus bisa mengajak dan mensosialisasikan kepada anggotanya untuk bisa dan segera membuat ijin usaha IUMK di kecamatan masing-masing.

Acara kemudian dilanjutkan dengan bimbingan pengisian data pengajuan IUMK melalui iumk.bri.co.id kepada petugas pelaksanan penerbitan IUMK di kecamatan, yang dipandu oleh Koordinator CIS Cilacap.[fz]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *