CIS Cilacap Bina Komunitas UMKM

CIS Cilacap,-- Beragam UMKM yang berada di wilayah Kabupaten Cilacap secara mandiri tergabung dalam beberapa wadah/ komunitas. Perkumpulan tersebut bisa berupa cabang dari komunitas nasional maupun yang murni muncul sebagai wadah aspirasi yang bersifat mandiri kedaerahan.

Salah satunya, Ikatan Pengusaha Muslimah Indonesia (IPEMI) Cabang Cilacap. Banyak anggota maupun pengurusnya merupakan binaan PLUT Cilacap, karena merupakan UMKM di Cilacap. Sebagai wujud sinergitas pelaksanaan Pentahelix PLUT, pada hari Kamis 28 September 2017. IPEMI Cilacap menggelar pertemuan anggota di Gedung PLUT Cilacap.

Dalam kesempatan tersebut, Konsultan Kelembagaan melakukan sosialisasi tentang perlu dan pentingnya perijinan usaha bagi UMKM, yaitu IUMK yang bisa diakses oleh para pelaku UMK di kecamatan masing-masing. Surat IUMK merupakan bukti legalitas usaha yang dijalankan, selain itu pula menjadi dasar memperoleh fasilitas dan pembinaan dari berbagai instansi pemerintah baik tingkat kabupaten, provinsi maupun nasional.

Pada kesempatan selanjutnya, giliran Konsultan SDM menawarkan terkait program kelas bisnis yang segera dijalankan. Salah satu materi yang sedang diminati yaitu terkait optimalisasi media sosial terutama melalui facebook-adds. Tak dipungkiri, kondisi masyarakat memang sedang gemar ber-medsos-ria, pun demikian dengan para wanita pelaku usaha yang tergabung di IPEMI Cilacap yang hampir 18 jam tak luput mengudara di media sosial, baik aktivitas keseharian maupun promosi dan berjualan online.

CIS/ PLUT Cilacap menjadi bagian terpenting dalam menjalankan peran pembinaan kepada pelaku usaha agar usaha yang dijalankan bisa maju dan berdaya.[fz]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *