Studi Kelayakan Usaha bagi UKM

CIS Cilacap, Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Jawa Tengah melaksanakan Pelatihan Studi Kelayakan Usaha bagi UKM di Kabupaten Cilacap. Kegiatan tersebut dilaksanakan pada Kamis-Jumat tanggal 3-4 Agustus 2017, bertempat di Gedung PLUT Cilacap. Diikuti oeh 50 peserta dari para pelaku UKM di Kabupaten Cilacap.

Kegiatan tersebut dibuka oleh Sri Yani Anggraeni, Kepala Bidang Pemberdayaan dan Pengembangan Usaha Mikro DPKUKM Kabupaten Cilacap, sangat mengharapkan dari kegiatan ini para pelaku UKM bisa menerapkan ilmunya bagi kemajuan dan perkembangan usaha yang dijalankannya. Pada kesempatan sebelumnya, Riyanto dari Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Jawa Tengah juga memberikan sambutan sekaligus arahan dalam pelaksanaan kegiatan pelatihan. Yang menghadirkan narasumber dari Asosiasi BDS, Bank Jateng dan DPKUKM Kabupaten Cilacap.

Sahid Hidayat, selaku Kasi pemberdayaan usaha mikro menyampaikan tentang perencanaan usaha bagi usaha mikro dan kecil. Kemudian dilanjutkan dengan paparan dari Bank Jateng tentang program MitraJateng25, kredit lunak perbankan yang dikhususkan untuk diakses oleh pelaku UKM.

Anna Yulia Damayanti, narasumber dari Asosiasi BDS, menyampaikan tentang materi studi kelayakan usaha dan pengelolaan keuangan usaha. Hingga kemudian peserta dibagi menjadi beberapa kelompok, untuk belajar kelayakan usahanya, hingga membuat proyeksi penjualan, cashflow sampai laba-rugi.

Peserta diberi kesempatan untuk mempresentasikan hasil diskusi dan hasil studi kelayakan usaha yang dibuat berdasarkan metode bisnis kanvas.[fz]

2 thoughts on “Studi Kelayakan Usaha bagi UKM

    • September 7, 2018 at 3:40 am
      Permalink

      tidak harus, yang saat ini sedang dijalankan tanpa perencanaan atau awal ketika menjalankan usaha

      Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *