Koperasi Jangan Abai Kewajiban RAT

NGABANG- Salah satu kesulitan pembinaan koperasi yang dihadapi Dinas Koperasi UKM Perindustrian dan Perdagangan Kab. Landak adalah belum tersedianya laporan rapat anggota tahunan secara teratur. Sedangkan salah satu indikator aktif atau tidaknya sebuah koperasi adalah diselenggarakannya rapat anggota tahunan yang dilaporkan ke dinas.

Untuk meningkatkan kapasitas insan pengurus koperasi yang umumnya mengelola komoditi sawit di Kabupaten Landak, Dinas Koperasi UKM Perindustrian dan Perdagangan Kab. Landak menyelenggarakan Pendidikan dan Latihan (Diklat) Tata Cara Penyusunan Laporan Rapat Anggota Tahunan (RAT) bagi 60 koperasi.

Demikian dikemukakan Marius Baneng SE, selaku Kepala Dinas Koperasi UKM Perindustrian dan Perdagangan Kab. Landak didampingi Yohanes, S.Pd selaku Kabid Koperasi dan UKM,  Kamis 27 Juli 2017 dihadapan peserta diklat dua hari di Ngabang.

Sedangkan narasumber diklat dua hari penyusunan  laporan RAT tersebut disampaikan Abdul Husaini selaku Konsultan PLUT Kalbar yang khusus ditugaskan Dinas Koperasi UKM Prov. Kalbar.

Harapan Kepala Dinas Koperasi UKM Perindustrian dan Perdagangan (Diskumindag) Kab. Landak, agar setelah pelatihan ini pengurus koperasi berkewajiban melakukan RAT untuk kemudian melaporkan hasilnya.

Sementara itu Abdul Husaini selama proses penyajian materi dengan metode paparan, diskusi dan dialog mengemukakan, pihaknya melihat ada antusiasme peserta untuk taat asas dalam berkoperasi sebagaimana dipersyaratkan. Namun beberapa hambatan yang teridentifikasi diantaranya pekerjaan sebagai pengurus dilakukan secara sambilan, ada pengurus yang sudah berpindah pekerjaan dan tempa tinggal. Ada diantaranya pengurus yang sama  sekali baru menjabat sehingga belum sempat belajar tugas pokok dan fungsi sebagai pengurus.

Dari sampling evaluasi serapan materi, ujar Abdul, peserta tidak mengalami kesulitan dalam menyerap materi. Yang terpenting setelah pelatihan ini adalah ada kesadaran peserta untuk bertekat memperbaiki kinerja pengelolaan koperasi agar sesuai dengan mekanisme yang telah ditetapkan, terutama ketaat-asas-an dalam mengadakan rapat anggota tahunan, sebagai dasar pelaporan baik kepada anggota maupun kepada dinas koperasi setempat.

Sementara itu Suherman selaku Koordinator PLUT Kalbar dalam kesempatan terpisah menyampaikan ucapan terima kasihnya kepada  Dinas Koperasi UKM Prov. Kalbar dan Dinas Koperasi UKM Perindustrian dan Perdagangan Kab. Landak, atas kepercayaannya kepada PLUT Kalbar untuk berpartisipasi langsung dalam membenahi persoalan perkoperasian di Kalbar. “Demi kemajuan koperasi di Kalbar, para konsultan PLUT Kalbar selalu siap sedia ditugaskan ke daerah-daerah,”ujar Suherman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *