PELATIHAN PRODUKSI AMPLANG BAGI KEPALA RUMAH TANGGA PEREMPUAN DALAM MEMABANGUN KELUARGA DI BIDANG EKONOMI

Samarinda-Kaltim. Dinas Kependudukan, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kaltim bekerjasama dengan Pusat Layanan Usaha Terpadu (PLUT) KUKM Kaltim untuk penyuluhan bagi kepala rumah tangga perempuan dalam membangun keluarga di bidang ekonomi, dalam kegiatan ini yakni memberikan pelatihan produksi amplang yang merupakan produk oleh oleh khas kaltim yang banyak digemari wisata lokal maupun luar daerah, yang akan di sampaikan oleh taufiq rahmani sebagai konsultan PLUT bidang prdouksi sekaligus sebagai pengusaha amplang di samarinda.
kegiatan ini dilaksanakan pada senin 12 Juni 2017 mulai pukul  09.00 hingga 14.00 wita di rumah produksi amlang 'kampung amplang' milik taufiq rahmani yang bersebelahan dengan kediaman pribadi beliau di perumahan dosen unmul jalan rumbia samarinda ilir, kegiatan ini di hadiri oleh kepala dinas beserta jajaran dinas kependudukan, pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak Kaltim , 7 orang Konsultan PLUT KUKM yaitu bidang produksi, pemasaran, SDM, kelembagaan, pembiayaan, kerjasama dan IT, dan sekitar 25 peserta merupakan para perempuan tangguh di kaltim yang menjadi kepala keluarga serta telah memiliki unit usaha sendiri seperti berjualan sembako, kripik singkong, donat, dll.
dibuka oleh ibu Haida Arsyad Selaku Kepala Dinas kependudukan, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kaltim, disampaikan beliau bahwa jumlah kepala keluarga permpuan dikaltim sebesar 132.000, jumlah kepala keluarga perempuan ini disebabkan dari perceraian, suami meninggal dunia, dan beberapa faktor lain.
bukan hanya itu, wanita merupakan makhluk yang kuat dan memiliki peran penting dalam kehidupan. banyak masyarakat beranggapan bahwa wanita merupakan makhluk yang lemah, itu salah. bagaiamana seorang wanita melahirkan seorang anak kedunia dengan pertaruhan hidup dan mati, ada pula perempuan yang sambil bekerja, mengurus anak, mengerjakan pekerjaan rumah secara bersamaan sehari penuh, belum lagi peran perempuan dalam mendidiki anak. tambahnya untuk memotivasi peserta yang merupakan kepala rumah tangga perempuan.
kegiatan ini dilakukan bertujuan agar para perempuan yang menjadi kepala keluarga ini bisa jadi lebih mandiri dan mempunyai nilai tambah pribadi serta dapat melakukan pengembangan usaha terutama bidang produksi amplang.
kami siap mengajarkan bagaimana ibu ibu dapat memproduksi amplang yang baik dan benar, karena ketika pengolahan tidak baik dan benar amplang yang dihasilkan bisa menjadi gatal, keras, atau mengembang tidak maksimal. kami harap ibu ibu yang mengikuti ini dapat menyerap materi yang diberi dan di praktekan serta memperaktekannya kembali dirumah, sehingga dapat bermanfaat untuk pengembangan usaha ibu-ibu peserta pelatihan ini. disampiakan taufiq rahmani selaku pemateri dan tuan rumah.

selain untuk pelatihan tempat ini merupakan tempat wisata produksi, sudah banyak yang berkunjung disini mulai dari siswa TK, SD, bahkan Mahasiswa untuk belajar disini. dan kami buka seluas luasnya bagi mereka yang mau berkunjung ketempat kami bisa melalu PLUT Mandiri Kaltim atau ke Workshop 'Kampung amplang' tambahnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *