Fasilitasi Halal UKM Cilacap

CIS Cilacap, Dinas Perdagangan Koperasi dan UKM (DPKUKM) Kabupaten Cilacap melalui CIS Cilacap menyelenggarakan Bimbingan Teknis Verifikasi Sertifikasi Halal bagi UKM Kabupaten Cilacap. Kegiatan tersebut dilaksanakan pada Hari Kamis, 4 Mei 2017 bertempat di Gedung PLUT Cilacap, yang diikuti oleh 10 (sepuluh) UKM Cilacap.

Pendanaan sertifikasi halal tersebut bersumber dari APBD Cilacap, sejatinya setiap tahun DPKUKM selalu mengajukan anggaran untuk 20 UKM namun karena keterbatasan APBD sehingga hanya sedikit yang bisa terfasilitasi. Diantara peserta adalah 8 UKM yang baru akan mendapatkan fasilitasi sertifikasi halal MUI Jawa Tengah, sedang dua lainnya untuk perpanjangan masa berlaku sertifikat halal yang sudah dimiliki, ungkap Sri Yani Anggraeni, SE selaku Kepala Bidang Pemberdayaan dan Pengembangan Koperasi dan Usaha Mikro DPKUKM Kabupaten  Cilacap.

Dalam kegiatan tersebut dipandu langsung oleh Muhamad Imam, perwakilan dari LPPOM MUI Provinsi Jawa Tengah. Secara garis besar UKM yang mengikuti proses sertifikasi halal tersebut adalah UKM yang dinilai layak mendapatkan fasilitasi. Sehingga tinggal dijelaskan tentang alasan mengapa harus bersertifikat halal, proses pengurusan, sampai terbitnya sertifikat halal.

Pada kesempatan yang sama, juga dihadirkan Farid Riyanto, S.Km dari Dinas Kesehatan Kabupaten Cilacap, guna merefresh kembali terkait kelayakan dan keamanan pangan sesuai standar Sertifikat PIRT.

Usai pengisian formulir pengajuan sertifikat halal, peserta mendapatkan tambahan materi dari Anisha, Konsultan Bidang Produksi dan Yohana, Konsultan Bidang Kelembagaan CIS Cilacap.

Harapan kedepan, agar para UKM di Cilacap terutama produk makanan dan minuman bisa menghalalkan produknya mengingat berbagai kemanfaatan yang bisa diambil dengan adanya sertifikasi halal dari MUI tersebut. [fz]

2 thoughts on “Fasilitasi Halal UKM Cilacap

    • April 9, 2018 at 5:12 am
      Permalink

      bukan hanya sekedar halal saja lho..

      Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *