Ratusan Prodak Lokal Dipamerkan

KOTA BIMA- Dalam rangka Pameran Pembangungan HUT ke 15 Kota Bima Pusat Layanan Usaha Terpadu (PLUT) Kota Bima bekerjasama dengan Diskoperindag membuat stand untuk menampiljan ratusan produk lokal. Produk-produk tersebut merupakan hasil karya kelompok usaha mikro, kecil dan menengah.

Produk hasil olahan warga yang dipemarkan di stan tersebut mulai dari panganan, tenun, anyaman,parang, hingga pisau dapur. Barang milik KUMKM binaan konsultan PLUT ini tidak hanya dipamerkan, tapi dijual juga.

Kepala PLUT Kota Bima H Yusuf beserta para konsultan membenarkan hal tersebut. Menurut dia, produk yang dijual pada pameran di lapangan Merdeka Bima tersebut mencapai puluhan jenis.

Dari sekian banyak barang yang dipamerkan hampir setiap hari barang selalu laku dijual. Namun terdapat beberapa produk yang banyak dicari dan digeluti masyarakat seperti pisau, rajutan, panganan dan tenun. Adapaun tujuan ikut berkonstribusinya PLUT Kota Bima dalam memeriahkan Pameran dalam rangka HUT Kota Bima ke 15 yaitu untuk lebih memperkenalkan kembali produk lokal daerah hasil olahan warga.

Pameran ini memberikan keuntungan tersendiri kepada pelaku usaha, sebab produk dan kualitas produk sudah mulai dikenal oleh masyarakat. Dibuktikannya dengan acara tersebut banyak produk para pelaku usaha yang laku terjual dan “Uang hasil penjualan kami kembalikan pada pemilik barang,”

Selain menjajahkan dan memamerkan hasil karya KUMKM , kami juga yang mengadakan pelatihan singkat menganyam gratis, seperti yang dilakukan Rubi Rajut binaan konsultan. Keberadaan pelatihan singkat ini ternyata semakin menarik perhatian warga karena mereka ingin belajar bagaimana cara merajut terlihat dari antusias yang berasal dari beberapa kalangan mulai dari ibu-ibu hingga para remaja, tidak sedikit dari mereka yang juga membeli barang rajutan seperti tas dan dompet setelah melakukan latihan merajut gratis.  Praktis stan PLUT KUMKM dipenuhi warga sejak, awal pembukaan Rabu (26/29) kemarin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *