Pelaku UMKM Kebumen Ikuti Pelatihan Packaging dan Desain Kemasan

Kebumen (18 sd. 20 April 2017) : Salah satu kendala yang dihadapi UMKM dalam memasarkan produknya adalah kemasan yang menarik. Hal ini kurang disadari oleh sebagian besar pelaku UMKM. Umumnya mereka tidak sadar atau kurang memahami bahwa kemasan yang baik dan menarik akan mendatangkan nilai lebih pada produk yang dijual. Saat ini produk-produk olahan yang dihasilkan pelaku usaha kecil menengah masih banyak yang belum memerhatikan kemasan produknya.
Akibatnya sejumlah produk yang sebenarnya memiliki nilai jual tinggi/bermutu menjadi tidak laku dipasaran. Kendala lainnya adalah pelaku UMKM tidak mengetahui harus kemana jika ingin membuat kemasan yang menarik dan menjual, dan tidak adanya unit usaha yang melayani pembelian kemasan dalam partai kecil. Selain itu sangat sulit meyakinkan UMKM bahwa kemasan yang baik dan kreatif bisa meningkatkan keuntungan.
Berangkat dari kendala dan permasalahan yang dihadapi pelaku UMKM terkait kemasan, DInas Tenaga Kerja dan Koperasi, UKM Kabupaten Kebumen dan CIS PLUT KUMKM Kabupaten Kebumen bekerjasama dengan Lembaga Pelatihan Kemasan UKM Indonesia (LPK-UKMI) mengadakan pelatihan Pacakaging dan Deain Kemasan untuk pelaku UMKM di Kabupaten Kebumen.
Pelatihan yang dilaksanakan selama tiga hari tersebut ditutup oleh Drs. H. Akhmad Sudiyono, M. Pd selaku Kepala Bidang Usaha Mikro dan Hubungan Industrial, pada kesempatan tersebut Drs. H. Akhmad SUdiyono, M. Pd menyampaikan beberapa hal :
Pelatihan ini diharapkan dapat meningkatkan pemahaman tentang Pentingnya Kemasan Untuk Meningkatkan nilai tambah produk dan dapat diterapkan langsung oleh pelaku UMKM di Kabupaten Kebumen.
Peserta dapat mengetahui cara membedakan kemasan berdasarkan fungsi,jenis dan bahannya.
Peserta mengetahui standar kemasan yang sesuai dengan produk mereka dan bisa mengangkat/menambah nilai jual produk mereka.
Peserta dapat mengetahui cara pemakaian mesin kemasan dan bisaditerapkan diusahanya.
Peserta dapat mengetahui tentang cara dan peraturan labeling untuk produk mereka meliputi informasi yang tercantum dalam kemasan,mengetahui persyaratan dan ketentuan tentang label sesuai dengan peraturan yang berlaku.
Peserta dapat mengetahui apa itu Barcode,Fungsi dan ManfaatBarcode, mengetahui cara pembuatan barcode dan persyaratan pendaftarannya.
Peserta dapat mengetahui tentang cara pendaftaran halal dan pentingnya label halal.
Peserta Dapat mengetahui Pentingnya Merek,mengetahui cara memilih nama Merek dan cara pendaftarannya.
Peserta Dapat mengetahui pemilihan kemasan berdasarkan aspek estetitasnya, mengetahui Strategi kreatif disain kemasan dan perencanaan disain kemasan.
Peserta dapat mengetahui peran kemasan dalam pemasaran produk.
Peserta dapat mengetahui Trend kemasan yang berlaku sekarang.

2 thoughts on “Pelaku UMKM Kebumen Ikuti Pelatihan Packaging dan Desain Kemasan

  • April 25, 2017 at 4:38 am
    Permalink

    BAGUS PELATIHANNYA

    Reply
    • April 29, 2017 at 3:08 am
      Permalink

      Terima kasih,, semoga bermanfaat

      Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *