Dinas Koperasi dan UKM Jawa Tengah Fasilitasi Temu Pembiayaan bagi UKM di Cilacap

CIS Cilacap memfasilitasi Temu Pembiayaan Usaha Kecil dengan Lembaga Keuangan Perbankan/ Non Bank, pada Hari Kamis tanggal 6 April 2017. Kegiatan tersebut diselenggarakan oleh Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Jawa Tengah yang berkoordinasi dengan Dinas Perdagangan Koperasi dan UKM (DPKUKM) Kabupaten Cilacap. Kegiatan yang diikuti oleh 50 peserta ini, bertujuan mempertemukan para pelaku usaha khususnya UMKM di Kabupaten Cilacap dengan lembaga keuangan yang menyalurkan pembiayaan permodalan.

Kegiatan yang dibuka oleh Sri Yani Anggraeni, Kepala Bidang Pemberdayaan dan Pengembangan Usaha Mikro DPKUKM Kabupaten Cilacap, mengharapkan  agar para pelaku UKM Cilacap bisa mengakses pembiayaan melalui lembaga keuangan. Sebagaimana selama ini yang sering menjadi masalah klasik bagi UKM adalah permasalahan modal. Temu pembiayaan ini menghadirkan Bank BPD Jawa Tengah, Bank BNI dan Jamkrida Jawa Tengah.

Dalam acara tersebut, Syahroni dari Bank BNI menawarkan terkait program pembiayaan permodalan usaha bagi UKM yakni melalui program KUR. Sedangkan Yusuf dari Bank Jateng memaparkan program unggulannya yakni program MitraJateng25.

Pada kesempatan yang sama, Agung Setiawan lebih memperkenalkan tentang PT. Jamkrida jawa Tengah, sebagai lembaga penjamin kredit, dalam arti bukan sebagai asuransi namun memfasilitasi pelaku UMKM yang kesulitan dalam melakukan pembiayaan sehingga Jamkrida bisa ikut mencover sebagian agunan calon kreditur yang dianggapnya belum memenuhi persyaratan yang dipersyaratkan oleh pihak perbankan.[fz]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *