Micro Business Simulation bagi UKM #2

Pelatihan Simulasi Bisnis CIS Cilacap

CIS Cilacap bekerjasama dengan Bank Jateng kembali menggelar Pelatihan Micro Business Simulation bagi UKM. Pelatihan diselenggarakan pada tanggal 23-24 Maret 2017, bertempat di gedung PLUT Cilacap. Sebanyak 20 peserta mengikuti pelatihan tersebut. Peserta merupakan para pelaku usaha di Kabupaten Cilacap yang telah menjadi mitra  Bank Jateng dan CIS Cilacap.

Sebagai wujud pembinaan terhadap mitra, acara tersebut digelar untuk melatih para UKM mitra untuk menjalankan usahanya dengan cara yang lebih sistematis. Pada hari pertama, UKM diajarkan tentang perencanaan usaha (business plan) yang dijalankan agar lebih terarah. Kemudian ditekankan pada aspek perencanaan dalam bidang pemasaran produk/ jasa dari para UKM.

Peserta diharapkan mampu untuk melihat/ menganalisa peluang potensi pemasaran, baik dari hal target pasar maupun cakupan pasar.

Hari kedua, peserta dibagi menjadi 4 (empat) kelompok belajar. Peserta diajarkan tentang pencatatan akuntansi keuangan usaha, sekaligus praktek mengelola keuangan dengan pembukuan akuntansi. Beberapa masih gamang untuk melakukan pencatatan transaksi, dikarena ada yang sudah mempunyai tenaga administrasi keuangan sendiri.

Hal yang masih tergolong mudah ialah pengelompokan pos-pos akun dari masing-masing transaksi. Meski untuk langkah selanjutnya ketika dituangkan ke dalam jurnal umum masih mengalami kebingungan. Belum lagi setelah masuk ke buku besar, neraca, maupun ikhtisar laba/ rugi.

Dengan pelatihan simulasi ini, diharapkan agar para UKM bisa menerapkan ilmu yang didapat dalam menjalankan dan mengembangkan usaha yang dimilikinya. [fz]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *